tag:blogger.com,1999:blog-58168581407720549172024-02-08T12:41:43.436-08:00PT.SAN TRI CO EXPRESSPT.San Tri Co Express adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang dengan harga yang sangat kompetitifsantricohttp://www.blogger.com/profile/05368127088957040294noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-5816858140772054917.post-6311333884255660692011-01-10T21:02:00.000-08:002011-04-28T21:41:55.641-07:00ISTILAH DALAM DUNIA FORWARDER<div class="MsoNormal" style="margin: 0cm 0cm 0pt;"><span style="font-family: Arial,Helvetica,sans-serif;"><span style="font-family: Times New Roman;"> </span>1. <b>BAF</b> = Bunker Adjustment Factor <br />
2. <b>Breakbulk</b> = muatan tanpa peti kemas<br />
3. <b>Bulk cargo</b> = muatan curah<br />
4. <b>Bulk Carrier</b> = Kapal muatan curah<br />
5. <b>Buoyage </b>= Ongkos tambat kapal<br />
6. <b>CAF</b> = Currency Adjustment Factor<br />
7. <b>Conventional Line Service</b> = Pelayanan kapal biasa<br />
8. <b>Container Line Service</b> = Pelayanan kapal peti kemas<br />
9. <b>COC</b> = Carrier Own Container (Kapal yang memiliki peti kemas)<br />
10. <b>CY </b>= Container Yard (Tempat penyimpanan peti kemas)<br />
11. <b>CFS </b>= Container Freight Section (Stasiun pengangkutan peti kemas)<br />
12. <b>Consignee</b> = penerima barang<br />
13. <b>DDC</b> = Destination Delivery Charge (Biaya penyerahan barang di pelabuhan tujuan)<br />
14. <b>ETA</b> = Estimate Time of Arrival (perkiraan waktu kedatangan)<br />
15. <b>ETD</b> = Estimate Time of Departure (perkiraan waktu keberangkatan)<br />
16. <b>FAF</b> = Fuel Adjustment Factor<br />
17. <b>FCL </b>= Full Container Load<br />
18. <b>LCL </b>= Less than Container Load<br />
19.<b> FOB </b>= Free on Board<br />
20. <b>Feeder Vessel</b> = Kapal penyambung<br />
21. <b>FEU</b> = Forty Footer Equivalent Unit<br />
22. <b>TEU</b> = Twenty footer Equivalent Unit<br />
23. <b>Laden on Board</b> = Dimuat di atas kapal<br />
24. <b>Mother Vessel</b> = Kapal Induk<br />
25. <b>NVOCC</b> = Non Vessel Owning Common Carrier (kapal yg tidak punya fasilitas bongkar muat)<br />
26. <b>Notify part</b>y = pihak yang diberi tahu.<br />
27. <b>SOC </b>= Shipper Own Container <br />
28. <b>THC </b>= Terminal Handling Charge<br />
29. <b>T/S</b> = Transhipment<br />
30. <b>Voy </b>= Voyage (nomor perjalanan)<br />
31. <b>YOR </b>= Yard Occupancy Ratio (Rasio Penggunaan tempat)<br />
32. <b>GRI</b> = General Rate Increament<br />
33. <b>Demurrage</b> = denda karena terlambat release barang dari port<br />
34. <b>Free time demurrage</b> = bebas demurrage untuk waktu yang sudah ditentukan(biasanya antara 5 – 14hari)<br />
35. <b>B/L</b> = Bill of Lading<br />
36. <b>CNF</b> = Cost & Freight<br />
37.<b> CIF</b> = Cost, Insurance & Freight</span></div>santricohttp://www.blogger.com/profile/05368127088957040294noreply@blogger.com1